Minggu, 22 Desember 2013

METEOROLOGI PENERBANGAN




Penerbangan meteorologi berkaitan dengan dampak cuaca pada manajemen lalu lintas udara. Hal ini penting untuk kru udara untuk memahami implikasi dari cuaca di rencana penerbangan mereka serta pesawat mereka, seperti dicatat oleh Aeronautical Information Manual

ž  Apa itu meteorology?
ž  Apa itu Dew Point?
ž  Apa itu Relative Humidity?
ž  Apa itu temperatur?

Meteorologi
adalah studi ilmiah interdisipliner suasana yang berfokus pada proses cuaca dan peramalan jangka pendek (dalam kontras dengan klimatologi).

dew point
adalah titik pengembunan (ketika materi dalam fase gas berubah menjadi cair). Titik ini harus dinyatakan dalam dua parameter, yaitu temperatur dan tekanan.
contohnya,
pada tekanan 1 atm, temperatur pengembunan air adalah 100 C. jadi dalam menyatakan dew point suatu materi harus dinyatakan dalam 2 parameter.

relatif humidity
adalah kelembapan relatif
Kelembaban relatif adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah uap air yang terkandung di dalam campuran air-udara dalam fasa gas.

temperatur
adalah indikator kandungan energi panas yang dimiliki oleh suatu materi dan ia menyatakan kecepatan gerakan elektron di materi tersebut, semakin tinggi temperatur, semakin tinggi gerakan elektronnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bonie mp3