Minggu, 22 Desember 2013

sistim kendali pesawat terbang



Aircraft flight control system (AFCS) atau sistim kendali pesawat   erat sekali hubungannya dengan flight control surface (FCS) atau bidang kendali terbang.

dimana  :

FCS merespon setiap pengaturan / pergerakan yang dilakukan oleh pilot di dalam cockpit melalui suatu sistem yang saling berhubungan menggerakan sistem mekanik untuk melakukan pergerakan pada pesawat (yaw, bank/roll, pitch up or down).


Ada 2 FCS yang kita kenal pada pesawat
1. Primary control surface
bidang kendali utama pada pesawat.

2. Secondary flight control surface
bisa dibilang sebagai bidang kendali tambahan yang bertujuan untuk membantu kinerja dari primary control surface dan pergerakan pesawat ketika terbang, takeoff ataupun landing.

APA – APA SAJA BIDANG KENDALI PADA PRIMARY CONTROL SURFACE?
Ø  Aileron, merupakan bidang kendali yang terletak pada wing/sayap.
Ø  Elevator, merupakan bidang kendali yang terletak pada horizontal stabilizer.
Ø  Rudder, merupakan bidang kendali yang terletak pada vertical stabilizer.


2. Secondary flight control surface
Ø  Slats
Ø  Flaps
Ø  Spoiler
Ø  Trim tabs

BIDANG KENDALI YANG MEMBANTU PADA PROSES PENGEREMAN
  1. Spoiler
  2. Flaps
  3. Landing Gear
  4. Reverse Thrust
  5. Auto Brake
  6. Anti Skid

Bagaimana Sistim kerja Bidang kendali tersebut?
Spoiler dan Flaps
berguna sebagai airbrake (gaya hambat udara) untuk mengurangi daya dorong dan daya angkat pesawat.

Landing gear
gunanya untuk mengurangi sedikit kecepatan pesawat dan alas untuk mendarat pada saat touch down (menyentuh tanah). 

REVERSE THRUST
fungsinya adalah membelokkan arah udara yang ditembakkan engine menjadi kearah depan.


AUTOBRAKE
Proses pengereman ini menggunakan rem hidrolik atau hampir sama dengan pengereman pada mobil biasa.
Autobrake hanya digunakan saat kecepatan pesawat sudah lambat.

Selain itu ada suatu kondisi dimana pengereman terjadi saat landasan (Runway) yang tergenang air ataupun basah maka diperlukan suatu alat yang bernama ANTI SKID.

Anti Skid :
adalah perangkat sistem yang menjaga agar rem pesawat dapat bekerja secara serasi antara roda kiri dan kanan dengan mengatur jumlah tekanan hidrolik kepada rem pesawat agar tidak terkunci dan menimbulkan slip.


APAKAH PROSES PENGEREMAN PADA PESAWAT KOMERSIAL SAMA DENGAN PESAWAT TEMPUR?
Proses pengereman pada pesawat tempur berbeda dengan pesawat komersil,
Dimana,
untuk pesawat tempur memerlukan tambahan seperti :
1. Parasut
2. Kabel Pengait
3. Jaring Penahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bonie mp3